Selasa, 16 September 2014

si mini mini enakkk

Resep Martabak Manis Mini


Di saat-saat santai di sore ataupun malam hari bersama keluarga tentu tak akan lengkap rasanya jika tak ditemani resep masakan yang bisa di jadikan sebagai camilan teman minum teh ataupun kopi. Tentu saja bukan camilan yang terlalu berat untuk dikonsumsi tetapi yang ringan namun cukup untuk mengisi perut. Hmm..kira kira resep masakan apa ya yang cocok? Nah bagaimana dengan resep martabak manis mini? Pasti akan sangat istimewa jika kumpul keluarga anda sambil menyantap resep martabak manis mini lezat yang satu ini. Salah satu jenis resep kue basah ini ternyata bisa anda modifikasi sesuai dengan selera anda. Anda bisa membuat resep martabak manis mini ini dengan toping yang bermacam-macam seperti menggunakan cokelat, baik cokelat meses maupun cooking dark cokelat. Atau jika anda menyukai rasa buah-buahan anda bisa membuat resep martabak manis mini ini dengan mengggunakan toping selai aneka rasa buah.
Resep masakan martabak sebenarnya memang berasal dari daratan arab dan india dan aslinya hanya mempunyai  1  jenis resep martabak yaitu resep martabak asin namun sesuai perkembangan jaman lahirnya resep martabak manis hingga sekarang yang tengah marak di sukai oleh banyak orang adalah resep martabak manis mini. Karena ukurannya yang mini inilah yang membuat resep martabak manis mini ini menjadi salah satu alternatif resep kue basah karena dianggap lebih mudah untuk mengonsumsinya dibandingankan dengan resep martabak manis dengan ukuran besar. Tak sabar ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? berikut ini adalah resep martabak manis mini untuk anda.
Bahan :
2 butir telur, kocok lepas
650 ml air
1/2 sendok teh garam
500 gram tepung terigu protein sedang
1/4 sendok teh vanili bubuk
1 sendok teh baking powder
100 gram gula pasir
Bahan toping/taburan (per loyang) :
1/4 sendok teh wijen sangrai
1/2 sendok makan susu kental manis
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok makan mentega asin
25 gram keju parut
1 sendok makan meises
Cara membuat :
1. Kulit, ayak tepung terigu dan baking powder. Masukkan gula pasir. Aduk rata. Tambahkan telur, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata.
2. Tuang air sedikit-sedikit sambil dikocok dengan kecepatan sedang 20 menit sampai lembut. Diamkan 1 jam.
3. Timbang 125 gram adonan. Tambahkan 1/4 sendok teh baking powder. Aduk rata.
4. Tuang dicetakan martabak manis kecil yang sudah dipanaskan dengan api sedang 15 menit. Biarkan berbusa. Kecilkan api. Tabur 1/2 sendok teh gula pasir dan biarkan sampai berlubang. Tutup. Biarkan sampai matang. Angkat.
5. Oleskan diatas martabak manis dengan 1/2 sendok makan mentega asin. Tabur dengan gula pasir, meises, wijen, keju parut dan susu kental manis.
6. Angkat dan siap disajikan.
Dengan sekejap resep martabak manis mini lezat di atas bisa tersaji di meja menemani saat bersantai dan berkumpul anda bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Masih kurang? Masih ada banyak sekali berbagai resep kue kering dan resep kue basah dari kami yang sangat sayang untuk anda lewatkan. Selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar